Minggu, 02 Juni 2013

LSO RitMa

Lembaga Semi Otonom Riset dan Keilmiahan (LSO RitMa) adalah suatu lembaga mahasiswa di bawah naungan BEM FMIPA UB yang mengurusi segala sesuatu yang berhubungan dengan riset dan keilmiahan mahasiswa di lingkungan FMIPA UB. Terbentuk dalam kepengurusan Kabinet SIGMA yang dinahkodai oleh Muwardi Sutasoma – Presiden BEM kala itu, lembaga ini menetapkan tanggal 31 Desember 2011 sebagai hari lahirnya dalam acara peresmian lembaga ini. Acara peresmian LSO ini dihadiri oleh seluruh PH RitMa - kecuali saya, dan beberapa undangan. LSO RitMa menggantikan
peran dari Departemen RisTek yang juga mengurusi bidang yang sama. Perbedaannya, dengan adanya LSO ini diharapkan iklim keilmiahan mahasiswa di FMIPA lebih berkembang mengingat ciri khasnya sebagai fakultas eksak yang penuh dengan kajian keilmuan dan keilmiahan..
LSO RitMa dipimpin oleh seorang direktur dan didampingi oleh seorang sekretaris direktur. Jabatan direktur ini diembankan pada Al-Mujtahiddin (Matematika 2010) dan sekretaris direktur dipercayakan pada Qonitatul Khasanah (Biologi 2010). Untuk memudahkan kinerjanya, dibentuklah tiga divisi yang bekerja saling menyokong. Ketiga divisi tersebut adalah Research and Development (RnD), Human Resource Development (HRD), dan Public Relations (PR). Divisi RnD adalah divisi yang mengurusi tentang pengembangan iklim keilmiahan mahasiswa di FMIPA. Divisi ini dipimpin oleh Agung Yanuar Pratama (Kimia 2010) yang dibantu seorang sekretaris divisi, Aisyah Ami Wardani (Ilmu Komputer 2011). Divisi HRD adalah divisi yang bertujuan untuk mengembangkan sumber daya internal di LSO RitMa. Nahkoda dari divisi ini adalah Fadlil KH (Fisika 2010) dan dibantu oleh Ria Pravita (Biologi 2010) sebagai sekretaris divisi. Divisi PR adalah divisi yang mengurusi tentang hubungan antara RitMa dengan lembaga lainnya. Pimpinan PR dipercayakan pada M. Puji Ardianto (Statistika 2010) ditemani Ayunda Antika Hastari (Kimia 2010).

Dari ki-ka : Fadlil KH, Puji, Agung, Didin, Qonita, Ami, Ayunda, Ria
Tiap-tiap divisi juga memiliki anggota dengan jumlah sepuluh hingga sebelas mahasiswa. Anggota ini berasal dari prodi-prodi yang berada di FMIPA yang telah mendaftarkan diri mereka untuk menjadi pengurus sewaktu OR kepengurusan BEM. Dari divisi RnD, anggotanya adalah Roudlotul Jannah, Wafa Maftuhin, Dipika Anggun, Aulya Vidiana, Yulia Nur, Dessy Wulandari, Windy Antika, W. Dita, dan Nanda R.P.R. Punggawa divisi HRD adalah Yulanda Antonius, Galuh Wening, Lovina Wijayanti, Wira Eka, Sukma Wahyu, Zulfa Khalida, Azhar Fikri, Noviana Anggar, dan Ukhti Nuraini. Dari divisi PR ada Richi Sulistyowati, Imroatul Hasanah, Nurulia Shinta, Indah Nur, Yulia Endah, M. Ishlahun, Layli Amaliya, A. Fakhrus, Sholehan, dan Wisnu Wijaya. Total ada 36 mahasiswa yang menjadi pengurus dalam LSO RitMa. Dengan jumlah anggota yang sebanyak itu tak jarang jabatan ketua divisi dan sekretaris divisi diplesetkan menjadi ayah dan ibu. Sedangkan direktur dan sekretaris direktur digeser dengan sebutan kakek dan nenek.

Setelah sarasehan pertama.
Banyak kisah yang teruntai disini. Suka duka semuanya terangkum menjadi satu cerita. Salah satu kisah duka adalah tidak diperbolehkannya menggunakan nama LSO dalam urusan administrasi. Sehingga untuk mengakali, nama LSO RitMa pun diganti menjadi Lembaga Riset dan Keilmiahan dengan syarat harus mencamtukan nama BEM FMIPA UB. Kisah suka yang ada terletak ketika purna jabatan. Dimana sebagian dari teman-teman RitMa menduduki posisi penting di Lembaga FMIPA. Al Mujtahiddin sebagai Presiden BEM, Agung Yanuar sebagai Ketua HMK, Wira Eka sebagai Direktur LSO RitMa selanjutnya, dan masih banyak lagi yang lain. Dari kedua kisah suka dan duka tersebut, masih banyak kisah-kisah lainnya yang belum tentu rampung bila ditulis disini. Biarlah itu menjadi memori dan kenangan di benak masing-masing. Anda semua pasti akan tersenyum ketika mengingatnya. Semoga sukses selalu RitMaHoolic.

Angkatan RitMa Pertama.


Rapat PH di suatu rapat.

Tidak ada komentar: